Senin, 25 Juli 2011

SIAPA PENEMU FACEBOOK

Facebook memang fenomenal. Sejak diluncurkan lima tahun silam, pengguna jejaring sosial ini sudah 150 juta lebih. Siapa penemu Facebook? Dia adalah seorang mahasiswa Harvard bernama Mark Zuckerberg. Keanggotaan FB pada awalnya dibatasi untuk siswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston, Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League.

Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat e-mail suatu universitas dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs ini.

Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sejak 11 September 2006, orang dengan dengan alamat email apa pun dapat mendaftar di Facebook. Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah tingkat atas, tempat kerja, atau wilayah geografis.

Hingga Juli 2007, situs ini memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar di antara situs-situs yang berfokus pada sekolah dengan lebih dari 34 juta anggota aktif yang dimilikinya dari seluruh dunia.

Dari September 2006 hingga September 2007, peringkatnya naik dari posisi ke-60 ke posisi ke-7 situs paling banyak dikunjungi, dan merupakan situs nomor satu untuk foto di Amerika Serikat, mengungguli situs publik lain seperti Flickr, dengan 8,5 juta foto dimuat setiap harinya.

Berkat penemuannya yang jenius itu, Mark saat ini termasuk dalam daftar orang terkaya di dunia. Kekayaannya kini ditaksir sebesar 15 miliar dolar AS. Dia juga masuk ke daftar Forbes sebagai orang terkaya ke-785 sedunia.

Mark hari ini masuk dalam urutan nama orang yang paling berpengaruh dalam dunia industri berteknologi tinggi. Demikian hasil penilaian sebuah panel sekumpulan pakar dari agenda pertemuan VIII Setter pool oleh Silicon.com. Agenda Setter fokus pada 50 orang yang mengubah wajah industri teknologi di tahun 2007 dan merupakan tolak ukur sukses di industri IT.

Di Indonesia

Sejak FB booming, banyak orang yang meninggalkan account friendster-nya dan menggantikannya dengan FB. Situs ini mampu menjadi lambang gaul masyarakat modern. Dengan tingkat pertumbuhan sebesar 645 persen pada 2008, Indonesia menjadi negara Asia Tenggara dengan tingkat pertumbuhan penduduk tercepat di Facebook, mengalahkan Malaysia, India, Thailand, Singapura, dan bahkan Cina.

Yang lebih hebat, 831 ribu orang Indonesia yang ada di FB ini ternyata baru mewakili 0,4 persen dari jumlah total penduduk Indonesia. Pada tahun 2007, terdapat penambahan 200 ribu account baru per harinya. Lebih dari 25 juta user aktif menggunakan FB setiap harinya. Rata-rata user menghabiskan waktu sekitar 19 menit per hari untuk melakukan berbagai aktifitas di FB.

Facebook kian melambung ketika Barack Obama, ketika itu Capres AS, menggunakannya untuk menggalang dukungan dan dana kampanye. Saat itu sahabat Obama tercatat 5.338.731 orang. Satu faktor yang memberi sumbangsing pria yang pernah sekolah di Indonesia ini menjadi Presiden AS.

Politikus dunia yang tertara namanya di FB adalah John Mc Cain, Sarah Palin, Nelson Mandela, Silvio Berlusconi, Nicolas Sarkozy, Arnold Schwarzenegger, Dr Mahathir Mohammad. Di Indonesia ada SBY, Gus Dur, dan Megawati Soekarno Putri. Di level lokal ada Alex Noerdin, Dodi Reza, Aziz Kemis, Dhaby. (sumber: sripoku.com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar